top of page

Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi


Manfaat jagung untuk ibu hamil dan calon bayi sebenarnya sangat banyak sekali. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahuinya. Agar tidak melewatkan manfaat dari makanan yang satu ini mulailah mengonsumsi jagung untuk setiap harinya.

Hamil adalah salah satu momen yang menggembirakan bagi pasangan suami istri. Dengan lahirnya seorang anak, maka pernikahan mereka akan lebih sempurna. Seperti yang kita ketahui umumnya ada beberapa pantangan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil, dan salah satu makanan tersebut adalah jagung. Apakah benar jagung tidak baik untuk kesehatan calon ibu dan bayi?

Jagung sendiri merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang seringkali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak jagung kaya akan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tak terkecuali ibu hamil dan calon bayinya.

Oleh karena itu, jangan takut mengonsumsi jagung saat hamil. Sebab beberapa vitamin, mineral dan protein yang terkandung dalam makanan ini dapat menunjang tumbuh dan kembang janin. Daripada penasaran mengenai manfaat jagung, simak saja ulasan berikut ini.

Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil dan Calon Bayi Paling Lengkap

Kaya Asam Folat

Tahukah Anda apa saja manfaat asam folat untuk ibu hamil? Asam folat sangat berguna agar janin tidak mengalami cacat saat lahir. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi makanan sumber asam folat salah satunya yaitu jagung. Per sajian 100 gram jagung mengandung 19 mcg atau dapat mencukupi sekitar 5 persen asam folat harian.

Folat adalah asupan nutrisi ibu hamil yang sangat penting untuk dipenuhi, terutama bagi calon ibu yang memasuki usia kandungan trimester pertama. Sebab pada masa ini bayi membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

Mencegah Masalah Cacat Otot Pada Bayi

Manfaat yang kedua adalah beguna untuk mencegah masalah otot pada bayi. Perlu diketahui bahwa kesehatan otot adalah salah satu bagian terpenting dalam kesehatan janin. Namun tak perlu khawatir mengenai kesehatan dan perkembangan bayi dalam kandungan jika Anda sering mengonsumsi jagung.

Dalam jagung terkandung sebuah zat yang bernama zeaxanthin. Zat tersebut memiliki peranan yang cukup besar dan sangat baik untuk janin. Perlu diketahui pula masalah otot pada bayi yang lahir biasanya disebabkan karena kekurangan asupan zeaxanthin selama dalam kandungan.

Memelihara Kesehatan Denyut Jantung

Kalium yang terkandung dalam jagung juga memiliki peranan yang sangat penting. Yaitu dapat memelihara kesehatan denyut jantung dan mengurangi risiko plak pada arteri. Dengan begitu, ibu hamil dapat terhindar dari tekanan darah tinggi yang membahayakan kesehatan ibu dan calon bayi.

Selain untuk calon ibu, kalium tersebut juga berguna untuk menjaga kesehatan janin. Yaitu dapat meningkatkan pembangunan sistem sinyal jantung dan saraf pusat pada janin.

Menjaga Kesehatan Mata Ibu dan Calon Bayi

Manfaat jagung untuk ibu hamil dan calon bayi selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata ibu dan calon bayi itu sendiri. Selain kaya protein, kalium dan mineral, jagung juga kaya vitamin A. Vitamin A tersebut tentu saja memiliki peranan untuk memelihata kesehatan mata pada janin.

Selain vitamin A, jagung juga mengandung lutein, xanthin dan beta karoten yang memiliki manfaat yang sama. Vitamin ini pastinya sangat dibutuhkan oleh janin sebelum dilahirkan. Sehingga, risiko penyakit mata pada anak akan semakin rendah.

Menjaga Kesehatan Plasenta

Berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan plasenta. Plasenta adalah tempat di mana calon bayi berada. Di dalam plasenta janin akan tumbuh dan berkembang hingga dia siap dilahirkan. Untuk menjaga kesehatan plasenta, pastikan ibu hamil mengonsumsi makanan kalium. Salah satunya yaitu jagung. Kandungan kalium dalam jagung yang cukup banyak bisa menjaga cairan di dalam tubuh, sehingga plasenta pun dapat terjaga keamanannya.

Menjaga Kesehatan Kulit Ibu dan Calon Bayi

Meskipun sedang hamil, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tentu saja tetap harus diperhatikan. Selain menggunakan produk kecantikan khusus, Anda juga bisa menjaga kecantikan dengan mengonsumsi makanan sehat kaya vitamin, seperti jagung.

Tak hanya bermanfaat untuk ibu, manfaat ini juga bisa didapatkan oleh si kecil. Setelah terlahir ke dunia, bayi akan memiliki kulit yang lembut dan sehat.

Mengatasi Anemia Pada Ibu Hamil

Anemia juga merupakan penyakit yang sering menyerang ibu hamil. Jika dibiarkan, hal ini tentu saja sangat berbahaya sebab ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih banyak untuk membantu dan memelihata pertumbuhan janin.

Ketika anemia, konsumsilah makanan kaya zat besi seperti daging merah, ikan, sayuran hijau, jagung dan masih banyak lagi. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin C. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi.

Baca juga manfaat jagung bagi kesehatan tubuh

Demikianlah ulasan mengenai manfaat jagung untuk ibu hamil dan calon bayi paling lengkap


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page